Senin, 14 Desember 2015

CBR; Computer Based Remidial

Tahun lalu, saya sudah mencoba untuk menerapkan ini. Remidial dengan mengerjakan soal secara daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kebanyakan siswa mengatakan, ujian dengan model seperti ini menyenangkan (seperti yang dapat saya baca pada feedback yang mereka tuliskan). Jadi, tahun ini bukan lagi "percobaan".

Laptop kujadikan sebagai server, tak install moodle di dalamnya > Buat mapel > buat kuis > impor soal yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu impor user, jadi siswa bisa login dengan ID masing-masing, bisa menggunakan nomor test/ujian saat UTS/UUS.

Moodle adalah LMS (Learning Management System) berbasis web yang banyak digunakan di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi untuk belajar secara daring. Kali ini saya manfaatka fitur yang ada di moodle untuk CBR ini.

Harapannya sih, sekolah bisa menyiapkan server sendiri, setidaknya untuk lingkungan sekolah. Server bisa dijadikan repository lokal untuk kebutuhan anak-anak belajar menginstall, sehingga banwidth internet untuk kebutuhan tersebut bisa dikurangi karena akses (informasi) lebih dekat.

Soal server ini, saya dan pak Rudy Allan pernah membahas ini. Cuma sampai sekarang belum terlaksana. :-) :-) :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Monggo....dipun komentari.....